Kitchen Tips; Menghilangan Bau Lengur Pada Jamur

Buat yang bosan makan ayam,daging atau ikan, jamur bisa jadi alternatif pilihan untuk menjadi lauk pengganti ayam-ayaman dan daging-dagingan ataupun ikan-ikanan. Hehe. Tapi banyak sekali yang mengeluh kalau masak jamur pasti ada bau ‘lengur’ yang tertinggal, susah dihilangkan meskipun sudah direbus cukup lama. Nah kali ini saya mau share tips bagaimana menghilangkan bau lengur pada jamur sebelum bisa diolah menjadi masakan favorit Anda.

Menghilangkan bau lengur pada jamur memang prosesnya cukup lama dari segi waktu, jadi jika ingin memasak dengan bahan utama jamur, sebaiknya sediakan waktu yang cukup sehingga tidak terburu-buru dalam proses pengolahannya. Pertama, siapkan dulu jamur yang akan diolah, kali ini saya menggunakan jamur kancing sebagai contoh. Jangan lupa cuci terlebih dahulu jamur kancing dengan air bersih.

Jamur Kancing
Jamur Kancing

Kedua,buang bagian batangnya. Sebenarnya ini adalah opsi pilihan, karena saya kurang suka makan tumbuh-tumbuhan dengan batang. eh,
P1010519 copy

P1010520 copy

Sambil membuang batangnya, siapkan air hangat suam suam kuku dalam 2 bagian. Sebaiknya rebus air dalam jumlah besar yang nanti bisa dibagi menjadi 2 bagian. Setelah jamur selesai dilepas batangnya, siram dengan air hangat sambil digosok-gosok bagian tudungnya.
P1010523 copy

Setelah selesai, rendam jamur dalam air hangat bagian pertama selama kurang lebih 30 menit. dalam waktu 30 menit tersebut air akan berubah kecoklatan. Bilasa dan rendam lagi dengan air hangat bagian kedua kurang lebih 15 menit. Setelah itu bilas lagi dan langkah terakhir rendam dalam air dingin (air suhu normal) kurang lebih 20 menit. voila, jamur kancing sudah siap diolah dan dijamin tidak berbau lengur. Selamat mencoba.

One thought on “Kitchen Tips; Menghilangan Bau Lengur Pada Jamur

Add yours

Mind to share your comments ?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Up ↑

%d bloggers like this: