Waspada Modus Penipuan Online Shop ( Penjual and Pembeli Wajib Masuk)

Perkembangan social media secara tidak langsung mendukung menjamurnya online shop di Indonesia. Dimulai dengan kemunculan facebook, twitter hingga instagram, online shop tidak lagi menjadi barang asing di Indonesia khususnya kaum muda. Asas utama dalam berbelanja online adalah kepercayaan antara penjual dan pembeli. Kenapa? Karena pembeli akan terlebih dahulu mentransfer uangnya ke penjual dan setelah itu penjual akan mengirimkan barang yang dibeli. Terlihat sangat beresiko bagi pembeli, karena dalam hal ini pembeli lah yang lebih rentan untuk tertipu. Masih ingat kan dengan kasus-kasus penipuan penjualan Blackberry ‘murah’ melalui online shop? Namun sebenarnya tidak hanya bisa dilihat dari satu sisi atau hanya melihat pembeli sebagai objek penderita. Tapi kita harus kembali ke kaidah awal. Kepercayaan antara penjual dan pembeli. Jika salah satu pihak menodai kontrak kepercayaan tersebut maka rusaklah transaksinya. Nah, berikut ini saya akan ceritakan macam- macam kasus atau kejadian rusaknya transaksi jual beli online karena salah satu pihak (penjual atau pembeli) mengkhianati kepercayaan alias menipu. PS. Sekarang tidak hanya penjual yang menipu, pembeli pun bisa melakukan penipuan. Bahkan metode rekber (rekening bersama) dan COD juga bisa terkena resiko penipuan.

image courtesy: web
image courtesy: web

Penipuan oleh penjual

1. Penipuan paling standar dan masih banyak beredar. Begitu ‘deal’ transaksi dengan pembeli yang dtandai dengan pembeli sudah mentransfer uangnya, penjual langsung mengeluarkan jurus ‘menghilang’. PIN BB delcont, FB unfriend, Twitter mute dan block, SMS dan telpon nggak akan dibalas, komen di facebook pasti langsung dihapus. Dan pastinya Anda tidak akan menerima barang yang Anda beli. Jika anda menemui ciri-ciri penjual seperti ini setelah anda mentransfer uang maka pastilah Anda telah ditipu.
2. Penipuan kedua ini sedikit lebih ‘melegakan’ kita sebagai pembeli. Setelah ‘deal’ transaksi, penjual memberikan nomer resi (airwaybill number) untuk proses pengecekan di website layanan ekspedisi. Mungkin kita akan sedikit bernafas lega karena itu artinya penjual tidak menipu. Namun barang tidak kunjung tiba, setelah dicek di website ternyata resi invalid atau mungkin barang datang hanya saja sangat jauh berbeda atau tidak sesuai. Sebagai contoh, pernah ada teman yang beli gadget second tanpa layanan rekber, resi tidak invalid, namun barang yang datang adalah pashmina 5ribuan yang bisa dibeli di pasar. Ngeness. Setelah dicek di BB, PIN udah delcont.
3. Penipuan jenis ketiga ini lebih ‘cerdik’ lagi. Kalau penipuan 1 dan 2 kita bisa dengan mudah menyebar blacklist nomor rekening, PIN BB, dan nomor kontak pribadi. Nah kalau yang jenis ketiga ini agak rumit. Jadi modusnya, penjual akan menggunakan rekening online shop lain dan menggunakan uang yang ditransfer untuk belanja di online shop tersebut. Bingung? Jadi gini, misalkan si A belanja di OS Penipu, OS Penipu ini kemudian bertransaksi dengan OS B yang terpercaya/ trusted. OS Penipu akan membayar belanjaannya di OS B dengan uang yang ditansfer oleh si A. Nah, udah ngerti belum? Modus ini mulai sering dilakukan. Jadi yang tercemar adalah nomer rekening si OS B yang terpercaya tadi.
4. Lain lain. Selain itu ada beberapa modus penipuan lain seperti mengaku menjual barang original ternyata yang datang adalah barang kw, atau barang yang tidak sesuai dengan deskripsi yang disampaikan penjual pada awalnya.

Penipuan oleh pembeli

1. Penipuan yang paling sering dilakukan pembeli adalah dengan melampirkan bukti transfer palsu, tidak terbatas hanya mengedit SMS ebanking, tapi juga mengedit struk ATM bahkan tampilan ibanking di desktop juga bisa diedit. OMO! Oleh Karen itu penting bagi penjual untuk mengecek mutasi apabila ada pembeli yang mengaku sudah mentransfer uang. Jangan mengirim barang sebelum memastikan bahwa uang transfer dari pembeli sudah masuk. Modus ini sudah merajalela.
2. Pembeli mengaku belum menerima paket barang, padahal status sudah delivered/ terkirim. Pembeli menuduh penipu dan meminta penjual mengirimkan ulang paketnya. Kalau menemukan kasus ini segera saja hubungi JNE untuk memastikan apakah barang sudah diterima atau belum (memastikan status yang tertera di website)
3. Penipuan yang ketiga agak ekstrem. Yaitu dengan merusak paket yang datang dan meminta refund uang karena barang tidak sesuai. Kayaknya ini pembeli galau. Pastikan denan cermat apakah kerusakan disengaja atau tidak.

Penipuan saat COD (Cash on Delivery atau Bayar di Tempat)
Hati-hati ketika melakukan transaksi secara COD. Usahakan jangan sendiri atau ajak teman ketika COD. Kalau sebagai pembeli kita bisa saja dihipnotis oleh penjual sehingga seolah-olah kita sudah menyepakati transaksi. Uang sudah diserahkan namun barang tidak di tangan ketika kita sudah sadar. Kalau sebagai penjual, kita harus cermati apakah uang yang diberikan pembeli adalah uang asli atau palsu. Ada juga kejadian seorang teman yang menjual HP dan memilih transaksi COD. Ketika dia akan menyetorkan uang hasil penjualan ke mesin setor tunai, uang langsung ditolak karena palsu. Huhu….

Penipuan dengan rekening bersama (rekber)
Pilihlan rekening bersama yang sudah jelas terpercaya. Jangan tergoda iming-iming biaya murah atau promo gratis. Bisa jadi uang yang sudah di transfer ke rekber dibawa lari dan menghilang. Seereeemm

Dengan memahami beberapa modus penipuan di atas, saya berharap agar kita bisa semakin cerdas, baik menjadi penjual maupun pembeli dalam dunia ecommerce. Follower banyak tidak menjamin online shop tersebut trusted. Baru-baru ini saya dengan ada 2 onlineshop di ig dengan follower 22k juga tersandung masalah. Testimonial juga harus kita perhatikan, apakah asli atau hanya buatan atau juga copy cat. Kepekaan terhadap hal ini bisa dilatih tentunya dengan selalu berkaca pada hati nurani terdalam dan mengurai dengan logika. Untuk pembeli, Kebanyakan yang terjebak penipuan adalah yang tergiur harga murah dan iming-iming lainnya. Untuk penjual, yang melakukan penipuan adalah penjual yang tidak memiliki hati nurani dan logika. Tidak jauh berbeda dengan koruptor.

Di instagram, sekarang sedang heboh masalah penipuan oleh @limitedshophere (LSH). Online shop dengan follower 23k. Kasusnya, owner yang diketahui bernama Prita kabur bersama uang dari customer dan meninggalkan tanggung jawab kepada ketiga adminnya. Ketiga admin ini malah tidak tahu sama sekali bagaimana dan siapa Prita ini. Karena mereka hanya bertindak sebagai pemroses order, gudang stok dan rekening penerima. Namun admin rekening penerima membantah bahwa dia hanya diminta menjadi admin oleh owner LSH aka Prita. Sekarang sedang dilakukan penyelidikan independen di @lshevidences dengan meneliti barang-barang bukti yang ada serta menunjukkan transparansi penyelidikan kepada customer LSH dimana customer LSH ini sangat sangat banyak. Uang yang dibawa kabur kemungkinan sekitar 60juta-an. Barangkali ada pembaca yang pernah order di LSH sejak sebelum ada tiga admin ini. Mungkin bisa langsung cuss ke ig penyelidikannya. Barangkali masih menyimpan nomor rekening ‘Prita’ yang asli. Bisa jadi Prita ini adalah tokoh fiktif. Nampaknya yang paling tidak diuntungkan di sini adalah admin rekening penerima uang dari customer LSH. Semoga masalahnya cepat selesai dan ‘Prita’ segera ditemukan. Kalau ketemu bisa jadi bahan cyber bullying seperti kasus @pejuang_sedekah di twitter. Modus penipuan sedekah buat jajan dan nonton konser SNSD. Kata bang Kemal, “ini suda Gila… Gila…”. Tapi kalo dipikir-pikir ada juga loh, penipuan yang tidak terlacak tapi bisa merampas uang ratusan juta bahkan triliunan, KORUPSI.

71 thoughts on “Waspada Modus Penipuan Online Shop ( Penjual and Pembeli Wajib Masuk)

Add yours

  1. Gan skalian,,sy mau tanya, situs jual prelo apa bs dipercaya para penjualnya? takut kena tipu lg, skdar share, dl pernah tertipu penjual olshop via FB , namanya mumbai store batam. pas sdh trf kami aktf chat, krn q tanyakn nmr resi yg tdk dikirim2 jg,, akhrnya q diblokir sm akun tsb.

    Like

  2. Ini foto dan Data penipu jual HP murah
    nama Hafri maulana BB : D5A2B222 atau DDDD222 atau D7FC5777
    Hp : 082296465716 rek BNI : 0504154233
    rek BRI : 510201012863530 rek BRI : 506801037146535
    Alamat : Polewali kajuara Bone Sulsel lahir 5 okt 93
    no KTP : 7308030510930003
    Saya udah kena tipu di toko online. saya beli hp bm j2 prime dgn harga 380 saya beli dua sama temen saya. jadi total kerugian saya 780+ barang tidak dikirim. kontak bbm di delcon. Waspada dan hati hati. segera lapor polisi

    Like

  3. gan sya mau nanya,sya dpet promo dari lazada elektronik tp lewat bbm msak hp samsung galaxy s7 cuman 500rb aj kn gk wajar,,ini rekeningnya a/n lazada elektronik kode bank:8008. no.rekening:8008.5389.815.778 tlong d blez ke email ya gan tks….

    Like

  4. Saya mau tanya nih, kalo sebuah olshop tidak mencantumkan no.telp, dan hanya bisa terhubung melalui aplikasi chatt Line saja, ig yg digunakan hanya sbg sarana promosi dagangannya saja, no.rek diberikan ketika kita sudah isi format order, dimana diakhir format tertulis, KEPP = NO CANCEL
    Kebetulan sy sdh isi format tp blm trf, dikarenakan posisi sy msh berlibur di luar negeri, sy janjikan minggu dpn, dan bbrp hr lg sy akan kembali ke indonesia, sy chatt yg bersangkutan via line, tdk ada respon sama skl ttp dia bisa upload di ig bbrp jam yg lalu, nah sy jd khawatir, ni olshop trusted apa abal2 gt ,walo nominal tdk seberapa ttp itu kan duit sy lwt kerja sy. Btw, di postan ig nya jg hanya ada bbrp testimoni yg di upload (sy tau itu jg bukan jaminan) ,dinig nya alamat hanya ditulis ,cengkareng jakarta barat jakarta indonesia 11830

    Like

  5. Ass, mau nanya soal Online Shop Annisa Cell, atas nama korius kogoya, itu betulan nggak si?? Soalnya terlalu bertele-tela.
    Makasih

    Like

  6. Saya masih punya mbak mas yang ketipu sama annisa cell ini pinnta d4575158
    Dia udah ganti nomor hape mbak mas,saya ketipu 1 juta padahal saya masih anak sekolah😢 yang pada ketipu sama dia blok aja yuk rekeningnya, jahanam sekali. Pas diminta refund malah dituduh mencemarkan nama baik,
    Hubungin saya 5f205c90 saya masih banyak bukti ss dan bukti transfer mas mbk, saya masih gak rela uang saya habis krna dia

    Like

  7. Hahhaa…. Sama mbk mas tadi pagi saya juga dpt bc… Siapa yg tergiur… Trus aku minta no tlp dksh no hp… Trus tk tanya jminan apa… Eh dikirimin surat ijin tempat usaha plus no ktp… Trus tk suruh kirim foto tokonya dgn alamat yg dia ksh… Dikirim foto nya bner nama e anisa cell bilang e di pakuwon Indah n di jl. Pangsud itu cabang.. . Pas aku mau ketik blg kalau aku udah cek di telkom g terdaftar pkuwon Indah atas nama toko anisa cell eh lgsg di dc bbmku hahha… Ketakutan tuh… Tp udah tk. Screenshot semua percakapanku…

    Like

  8. Saya juga mau share ketipu sama olshop
    M.A.C itu nama fbnya
    Ini no kontak
    08974912891
    stlh sy Transfer ..sy di blokir dr fb
    Dan smua kontak WA/BBM tdk aktif sm skali. Owner ats nama Anggun julia paranita

    Like

  9. Hati-hati dengan akun IG @likeikea mereka penipu dengan pura-pura menjual furniture menggunakan bank mandiri no rek 1290008882223 an Trisna Helda

    Like

  10. (Palsu kakak,, aku juga dapet kok.. hampir tergiur seblumnya, tp untung iman saya kuat , apalagi ditambah baca comen” dari kakak” diatas.. hihihi..

    Like

  11. permisi saya mau nanya
    saya kan mau peswn iphone 6s tp hrganya 1jta nah di anisa cell jl.panglima sudirman surabaya
    itu dri pihak anisa cell mengirim scan yg surat perijinan usaha online itu resmi itu asli atau bhng?
    minta infonya
    mksh seblmnya

    Like

  12. Hati2 dengan anisa cell yg ngaku alamat di jln kedung klinter Surabaya. Yg jualan hp, laptop dll yg cuci gudang…atas nama korius kogoya bank mandiri.itu penipu yang ga bisa cari makan secara halal lagi…semoga cepat di ciduk pihak kepolisian.mengatas namakan Tuhan menipu nya.hati2 dengan harga murah i phone mana ada yg 1 jt…….

    Like

  13. Sy sdh ketipu dgn akun ig finy_lianashop modusnya dia bilang itu barang di tahan bea cukai trus sy minta uangnya balik gak bisa alesannya sudah di transfer ke koko pemilik barang trsebut. Hati2 guyss

    Like

  14. Ini juga penipu di instagram ini di publish aja biar cepat tertangkap : #iphonehdcdibawahsatujutaan. Rek BRI : 814201000946531 a/n Marlini Anggi putri dan satu lagi BRI : 060501000329563 a/n Suharyanto

    Like

  15. aku mau nanya sis aku kan belanja di olshop gitu, pas transfer koneksi terputus tapi saldo kepotong udah di cek di mutasi ada transferan ke olshop tsb tapi olshop nya kekeuh bilang gak ada transferannya malah nyolot” ke saya, ada yang pernah alamin kayak gini gak? 😭 Solusinya gimana ya sis?

    Like

  16. Aku mau beli iphone 6s original bm di slah satu os instagram nma nya finy_lianashop tolong mohon bantuan nya yg dh tau itu olshop penipu atau gk ya… pliss bantu jawab😢 thanks

    Like

    1. Akun finy_lianashop penipu sy sdh tranfer uang dan dia bilang barang sudah dikirim tapi kena bea cukai jd barang gak bisa dikirim disita. Dan sy minta uang balik gak bisa.

      Like

  17. Memang saat ini lagi marak penipuan di dunia maya. coba anda sharing dan berbagi informasi pengalaman atas penipuan yang terjadi dan alami selama ini ke situs laporpolisi.com, supaya masyarakat tahu siapa nama nama toko online penipu tersebut, sehingga semua bisa antisipasi atas semua bentuk penipuan yang terjadi selama ini

    Like

  18. Saya sbg penjual, mau share cerita jg ni..sejak seminggu yg lalu saya kirim barang ke kalimantan, ditracking JNE barang sudah diterima an customer itu sendiri, tp customer kekeuh atau bersikeras kalau belum terima barang. Saya jadi bingung sebenarnya siapa yg salah/bohong pihak cusomer atau JNE.
    Ada yg pernah punya masalah sama kah?

    Like

  19. Mohon waspada apabila terjadi transaksi yg meminta untuk mengirim uang utk kepentingan transaksi ke nomer rekening saya: 577*****04 a/n Faris Biladi, BCA.

    Tadi nampaknya ada yg pura2 mau beli barang saya atas nama muhammad hamka asal ciputat, sudah tahap deal, saya berikan keterangan nomer rekening, tiba2 kontak saya di Delcont.

    Saat ini cukup marak penipuan dengan alur berputar, yakni: penipu akan pura2 mau beli barang kepada seller hingga meminta nomer rekeningnya – penipu pura2 menjual barang kepada buyer dan jika deal, penipu akan memberikan keterangan rekening seller asli kpd buyer – buyer kirim uang kpd seller asli – penipu mengkonfirmasi bahwa ia telah mengirimkan sejumlah uang kepada seller asli dan meminta ia mengirimkan barang tsb ke alamat si penipu – barang terkirim ke penipu dan bukan ke buyer asli.

    Penipu akan mendapatkan untung barang yg ia peroleh secara gratis (yg harusnya milik buyer asli)
    Buyer akan rugi karena ia mengirim uang tanpa peroleh barang
    Seller asli akan rugi karena nama baik dia rusak dan bahkan norek dia bisa diblokir apabila buyer mengadu ke Bank/Polisi.

    Like

    1. Samaa saya malah sudah transfer DP utk ol prince gadget, tp line nya ga dbaca2 dan tlp line ga dbls2 gimana yaaa 😭 saya janjian cod tp org nya ga respon2 dr kmarin

      Like

  20. Kalo yang di instagram toko online @pinkbeautycare itu kira2 abal2 atau penipu gk ya?? Fb nya juga pinkbeautycare, tolonv bantu jawab

    Like

  21. Maaf saya lgi bingung…. biasanya no resi detailnya kallau dicek ada nama pengirimnya tpi kok ini anonim ya??? Kenapa ya…sengaja atau gimana?

    Like

  22. BCA a.n Maghfira Mutiara Rosa 6010184078 
    no. Hp : +6285946722734 
    Instagram : @mmutiararh 
    Nama instagram yang saya transaksi untuk membeli custom tee : @pearloveable tapi sekarang dia sudah menjual akun tersebut ke orang lain. 
    Dia juga memiliki akun instagram lain yang menjual iphone 2nd dengan nama @suppiphone2nd juga akun instagram yang menjual obat MOMENT tapi saya kurang tau dengan akun instagram itu tapi pin bbmnya 540B0C7F. Saya membeli custom tee tersebut dengan id line kalo tidak salah @HSG1173U lalu saya meminta refund dengannya di id line : mmutiararh dan pin bbm 540B0C7F. Saya membeli custom tee tersebut senilai 910rb jumlah tersebut menurut saya sangat besar. 
    Kalian hati hati saja karena sudah banyak yang jadi korban MAGHFIRA MUTIARA ROSA HENDANA dia juga memiliki akun facebook dengan nama aslinya Maghfira Mutiara RH dan Maghfira mutiara yang menjual custom tee juga. Korban dia rata rata paidpromote orang sudah bayar tapi dia tidak mempromosikan tetapi saya korban membeli barang. Setelah saya telusuri, ternyata pacarnya juga seorang penipu.

    Like

  23. BCA a.n Maghfira Mutiara Rosah 6010184078  
    no. Hp : +6285946722734  
    Instagram : @mmutiararh  
    Nama instagram yang saya transaksi untuk membeli custom tee : @pearloveable tapi sekarang dia sudah menjual akun tersebut ke orang lain.  
    Dia juga memiliki akun instagram lain yang menjual iphone 2nd dengan nama @suppiphone2nd juga akun instagram yang menjual obat MOMENT tapi saya kurang tau dengan akun instagram itu tapi pin bbmnya 540B0C7F. Saya membeli custom tee tersebut dengan id line kalo tidak salah @HSG1173U lalu saya meminta refund dengannya di id line : mmutiararh dan pin bbm 540B0C7F. Saya membeli custom tee tersebut senilai 910rb jumlah tersebut menurut saya sangat besar.  
    Kalian hati hati saja karena sudah banyak yang jadi korban MAGHFIRA MUTIARA ROSAH dia juga memiliki akun facebook dengan nama aslinya Maghfira Mutiara RH yang menjual custom tee juga. Korban dia rata rata paidpromote orang sudah bayar tapi dia tidak mempromosikan tetapi saya korban membeli barang. Setelah saya telusuri, ternyata pacarnya juga seorang penipu.

    Like

    1. BCA a.n Maghfira Mutiara Rosa 6010184078 
      no. Hp : +6285946722734 
      Instagram : @mmutiararh 
      Nama instagram yang saya transaksi untuk membeli custom tee : @pearloveable tapi sekarang dia sudah menjual akun tersebut ke orang lain. 
      Dia juga memiliki akun instagram lain yang menjual iphone 2nd dengan nama @suppiphone2nd juga akun instagram yang menjual obat MOMENT tapi saya kurang tau dengan akun instagram itu tapi pin bbmnya 540B0C7F. Saya membeli custom tee tersebut dengan id line kalo tidak salah @HSG1173U lalu saya meminta refund dengannya di id line : mmutiararh dan pin bbm 540B0C7F. Saya membeli custom tee tersebut senilai 910rb jumlah tersebut menurut saya sangat besar. 
      Kalian hati hati saja karena sudah banyak yang jadi korban MAGHFIRA MUTIARA ROSA HENDANA dia juga memiliki akun facebook dengan nama aslinya Maghfira Mutiara RH dan Maghfira mutiara yang menjual custom tee juga. Korban dia rata rata paidpromote orang sudah bayar tapi dia tidak mempromosikan tetapi saya korban membeli barang. Setelah saya telusuri, ternyata pacarnya juga seorang penipu.

      Like

  24. hati2 dgn pembeli atas nama Rachael kusuma. pin bbm 53c8b461
    no.hp 082374279605
    modus dgn pura2 membeli dagangan sy, dia bilangnya sdh tf di rekening sy dg bukti sms banking. sy bgtu percaya saja,,krn orderan pas itu jg lg bnyak. jd ga bgtu teliti. sy kirim brgnya,trnyata sampai sekarang blm masuk uang trf nya. sy tanyakan ke orgnya katanya pake kliring, makin curiga d desak,akhirnya sy didelcont.
    alamat: rahel
    jl. cengkeh pintu air atas rt.7 rw.2 no.174
    pangkal pinang rangkui bangka belitung
    pin bbm 53c8b461
    hp. 082374279605
    buat online shop,hati2 dg m0dus kliring,dan jgn percya pada siapapun yang gak dikenal

    Like

  25. hati hati terhadap Alvin Yosia Setiawan penipu dengan nama Yepasloya advertise no rekening bank BCA 3890433871, modus penipuan dengan jasa mencarikan data kontak pin bbm, sudah banyak pedagang online di BB yg tertipu. alamat Alvin di jalan Manyar kertoarjo 083857632136x

    Like

  26. Mau Share pengalaman,
    Hati2 penipuan online shop ini, masih promosi terus sampai sekarang.
    No HP : 08974912891
    Pin BB : 2276C20E, 27AC9D79, 54C41B6C, 274F3BCD
    Akun FB : MAC, OPI, tas grosir, dll
    Web : http://www.violetoutlet.com
    Twitter : @VIOLET_OUTLET
    Instagram : VIOLETOUTLETCOM
    Rekening BCA : Djoko Darsono 4141726689

    Komunikasi terputus begitu transfer uang, semua kontak langsung diblokir dan barang tidak datang.Jangan percaya dengan foto resi yang banyak dan testimoni yang baik2 karena smua itu palsu…dan kata2 “banyak penipuan yang mengatasnamakan olshop kami” karena mereka adalah penipu itu sendiri. Semua itu digunakan untuk menipu.

    Like

  27. Allhamdulillah sy jualan online langsung dari importir tas, konveksi dan the first hand. Hanya saja pembelinya yg bny jongos banget,.sok keep barang banyak, ada aja alasan mereka pas mau bayar, hujanlah, lg.macet di jln, biaya transf mahal, dsb…..ujung2nya sy di delcon. Akhirnya sy yg ga enak sm suppl akibat ulah.pembeli ga beres. Yaaa..jangan beli lah kalo ga punya duit drpd bikin dosa.

    Like

  28. Pembeli iPhone yang menipu
    Pada hari Minggu malam, 8 February 2015 saya dihubungi oleh seseorang yang berinisial Ayung yang berniat membeli HP iPhone 6 plus 128gb yang saya pasang iklan pada olx.co.id. Setelah negosiasi yang smooth, akhirnya kita sepakat untuk COD (Cash on Delivery) di Seven Eleven di depan Sunter Mall. Berpenampilan perlente, seperti jam tangan Rolex, dan batu cincin mahal dikedua tangan serta banyak HP disaku. Mobil yang dikendarai Nissan Juke warna hitam. Perawakan akhir 40an, etnis Tionghoa dengan logat bahasa yang ramah dan sopan sekali. Kesan yang ditimbulkan begitu meyakinkan. Pemilik perusahaan bijih plastic “dua lonceng” di Cikarang dan punya waktu yang sedikit untuk wara wiri cari HP. Bahkan diakhir sesi ingin pesan dua unit iPhone lagi. Modus penipuannya seperti ini
    1. Nomor hp: 08561819320
    2. Sengaja memilih waktu weekend. Dimana banyak Bank yang offline, termasuk Bank yang saya gunakan saat itu, BCA. Dimana terkadang, transfer antar BCA saja suka “delayed” berjam jam pada saat weekend
    3. Kurang teliti saat membeli. Hanya melihat sepintas saja, tidak dicheck satu persatu kelengkapan barang, seakan akan sudah yakin dengan barang yang kita jual
    4. Benar-benar mengikuti proses M-banking BCA. Menanyakan nominal, hingga konfirmasi jumlah.
    5. Unit diperuntukkan anaknya, dengan acting sembunyi-sembunyi dengan Istri. Hingga ketika ada SMS notifikasi dari M-banking, seakan-akan dia minta izin untuk dihapus, karena takut ketahuan istri. Padahal SMS tersebut ia buat sendiri dari HPnya yang lain
    6. Dicurigai bekerja komplotan. Karena ada satu mobil Panther juga yang sedang stand by didepan Seven Eleven
    Intinya kalau jual beli barang, jangan serahkan barang jika uang belum masuk. Semoga bermanfaat untuk penjual yang lain
    Salam

    Like

  29. Permisi saya mau tanya situs jual beli online di bbm namanya rini cell telp 085786295902 jl.jendral sudirman no 5 kedung klinter kec.tegal sari surabaya jawa timur, no rekeningnya di bank bri an. Nur wagiman 0068-01-014373-53-0 dia menawarkan berbagai barang elektronik,saya mau pesen kamera lalu dia mengirimkan format yang harus diisi seperti nama,alamat rumah,id ktp,alamat rumah, nomer hape dll. Ketika saya isi sudah dikirim formatnya lengkap tapi malah menjadi ragu takutnya di tipu mau di batalin tapi katanya udah ngirim format,apa itu tidak akan menjadi masalah kedepannya? Makasih

    Like

    1. maaf gan mau tanya ni,,
      saya pernah dpt sms isinya pin BBM,,pas saya add ternyata Toko anisa cell,dsana menawarkan harga hp yg sangat murah plus bonus BB 8520 disetiap pembeliannya
      trs pas saya tanya alamatnya,alamatnya sama persis seperti yg disebutkan sama agan diatas
      yg saya mau tanyakan apakah barang yg agan pesan beneran sampe atau tidak alias penipuan?

      Like

      1. Waduh sial , cerita luh sama buanget sama gua , masya allah itu niat nipu tuh ,malah kalo sekarang dya broadcast acaranya beli 1 gratis 1 , lah sapa yg gagngiler i phone 5s dg harga 4 jt bisa dapat 2 , setelah akku tanya tanya temanku alamat itu gaada , dan dya gag mbales sepatah katapun dari bbmku

        Like

    2. Saya mau balas comment dari Gio.
      Alamat yg dicari itu tidak ada. Saya juga dapat tawaran dari anissa cell dengan alamat yang sama. Saya tanya no HPnya tidak dikasih. Saya tanya alamat jelasnya dijawab ketus disuruh nanya orang di jalan. Saya tahu itu alamat salah karena saya orang Surabaya dan saya tahu area Panglima Sudirman penuh perkantoran dan hotel. Tidak ada Jl. JENDRAL SUDIRMAN NO. 5. apalagi Kedung Klinter itu bukan area Sudirman tetapi area Kedungdoro. Hati2 itu kemungkinan toko fiktif. Saya nanya posisi kantor di mana tidak dijawab sama sekali.

      Like

      1. Sy jg dpt broadcast dr bbm anisa cell,sy rs itu cm tipu2,krn sy krj di platinum jln panglima sudirman,tentang alamat yg mbak n mas mksud itu fiktif,sdng kedung klinter tu area kedung doro,klo g percya cb cr g bkal ketemu ht² penipuan lgian sp yg jl hp 1 jt dpt galaxy s6 wong replikanya sj g dpt,plus bonus 1 unit bb grtis,knp g skalian dpt bonus helikopter,,jgn percya modus itu

        Like

  30. Saya ingin share penipuan online shop FB Butik Bahirah
    https://www.facebook.com/profile.php?id=100008352063551

    Pada tanggal 29 May 2014 saya memesan/membeli mukenah dan melakukan transfer pada keesokan harinya, tgl 30 May 2014 sebesar 305.000 ke rek penjual yaitu Rek BRI 759201001451539 Tania Rosmalia. Transaksi pembelian saya lakukan via BBM penjual dgn No pin BB 2B6C5513.
    Transfer sudah dikonfirmasi diterima oleh penjual dan mengatakan paket akan dikirim. Namun tgl 31 ketika saya bbm kembali untuk meminta No.Resi, tiba tiba BB saya langsung dia delcon. Saya sms ke No Hpnya pun tidak direspon sama sekali. No HP nya 0818635154.

    Berdasarkan info dari orang2 yang juga tertipu dengan FB Butik Bahirah, sekarang dia memakai No.Rek BRI 080101018314536 a/n Yuni wahyuni.

    Like

  31. betul sis hari ini penipuan tidak hanya terjadi di penjual tap i pembeli pun penipu.
    hari ini tgl 7 mei 2014, ada pembeli yg pura2 mau beli jam rolex, dan dia bbm saya, nanyain barang pesanan sudah dikirim belum ?
    kemudian saya jawab, lah emang dah transfer ? koq ga konfirmasi?

    dia jawab : saya sudah transfer, cek aja, cepetan kirim barangnya.
    sebenarnya saya udah curiga dari bulan lalu kalo kontak bbm yg satu ini emang penipu murahan. akhirnya saya cek lah mutasi rekening, dan ternyata benar dugaan saya kalo dia belum transfer, kemudian saya tanya dia, mana bukti transfernya, dia jawab : wah udah hilang, tapi bener saya udah transfer, cepetan barang kirim, saya udah transfer dari kemaren masa belum dikirim2 barangnya ( bahasa dia ngotot banget )

    dan saya makin yakin kalo dia penipu karena tidak ada transferan yang masuk.
    dia pikir kita sebagai ol shop ga bisa cek rekening dgn otomatis kale haha dia pikir harus ke bank dulu kalee, padahal kan sekarang jaman dah canggih semua bisa di cek.

    akhirnya dia udah mulai menyerah dan malah mengancam saya, dia bilang ” anda bisa saya adukan telah mencemarkan nama baik, menuduh saya penipu”
    saya sih ketwa aja haha dia bilang udah transfer sekarang malah mengancam saya udah mencemarkan nama baik dia haha ada ada aja sipenipu sialan,

    ini dia data si penniupuu, harap hati2 bagi para ol shop yg jujur.
    nama penipu : febri kurnia salam 24E600FB
    alamat penipu : jl wr supratman gang petojo nomor 32 teluk betung selatan

    Like

Mind to share your comments ?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Up ↑

%d bloggers like this: